Tuesday, June 30, 2015

Cara Budidaya Semut Jepang



 ternak atau perawatan semut jepang yang sangat simple atau mudah sekali sehingga bisa dilakukan dengan hal - hal lain.

Awalnya kita harus menyiapkan beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum melakukan proses ternak, tetapi setiap pembelian Penulis selalu memberi paket siap ternak jadi Pembeli tidak harus buru - buru membeli bahan - bahan yang diperlukan ketika telah memiliki bibit Semut Jepang, oke lebih lengkapnya dibawah ini :
1. Bibit indukkan Semut Jepang. (bisa diperoleh pada Penulis).
2. Toples Plastik atau kaca dengan lubang udara (untuk udara bagi semut agar tidak kedap udara).
3. Kapas Sterill (Bentuknya Bulat biasanya, dan bukan Kapas Kosmetik yang kotak).
4. Ragi Tape yang biasanya untuk Fermentasi Tape sebagai pakan Semut Jepang.
Harga dari Bahan
Untuk harga Indukan Semut Jepang per-ekor 1000 rupiah (bisa diperoleh padaPenulis).
Untuk harga Ragi Tape per-bungkus 7500 rupiah (bisa diperoleh pada Penulis).
Untuk harga Kapas Sterill per-bungkus 12.500 rupiah (bisa diperoleh pada Penulis).


Sekarang kita masuk pada langkah - langkah yang dilakukan dalam berternak Semut Jepang tentunya setelah kita memiliki bahan - bahan yang harus dipersiapkan sebelumnya :

1. Anda harus menyiapkan bibit semut jepang, setidaknya 30 ekor (lebih banyak tentunya lebih bagus, karena perkembangbiakannya akan lebih cepat/lebih banyak)

2. Anda harus menyediakan tempat (toples atau baskom) yang tertutup tapi diberi lubang kecil untuk udara atau anda dapat gunakan Kassa Steril sebagai penutup toples/ wadah sehingga terhindar dari debu.

3. Sediakan ragi tape (ragi yang biasa digunakan untuk pembuatan/fermentasi tape, dapat anda cari ditoko kue atau pasar)

4. Sediakan tempat yang memiliki suhu sedang kurang lebih 30 derajat, Jauhkan dari sinar Matahari dianjurkan tempat yang ada sirkulasi udara dan lembab tetapi juga jauh dari jangkauan semut merah.

5. Sediakan kapas seperlunya sesuai tempat/toples/baskom yang digunakan (kapas tempat untuk semut berkembang biak).

6. Point 1, 3 dan 5 masukkan semua ke dalam toples/baskom yang disediakan.



Selain itu ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berternak Semut Jepang.



1. Tempat untuk menampung semut tidak boleh basah atau terkena air. Dan tidak dapat dijangkau oleh gerombolan Semut Merah bisa sekelilingnya diberi kapur pengusir Semut/serangga pemangsa lain.
2. Kapas yg digunakan adalah kapas steril / kapas bayi yg tidak mengandung unsur dari bahan kimia.
3. Cara pemberian makan semut adalah selama 3 hari cukup diberi 1 butir ragi tape (tergantung banyaknya kapasitas semut , misal: semut kurang dari 200 ekor dalam satu toples).
1 Butir untuk konsumsi 50-200 ekor semut selama 3 hari.
4. Semut yg berada didalam toples/baskom jangan sampai terkena cahaya matahari karena semut tersebut sensitif apabila terkena suhu panas dari cahaya matahari, dia akan menjadi agresif dengan mencari jalan keluar dari wadah dan mati bila dibiarkan terlalu lama.



Untuk Prospek Bisnis Semut Jepang ini masih sangat menjanjikan bahkan Penulis sampai menyebarkan Program Reseller dan Dropshipper untuk meningkatkan daya beli konsumen.


Dan disini akan Penulis jelaskan dua model Prospek Bisnis kerja sama yang Penulis tawarkan.


1. Reseller (Penjualan kembali)


Pada program ini penulis memperkenankan untuk user/ pembaca untuk menjual kembali tentunya dengan harga khusus dan harga jual yang lebih mahal daripada yang Penulis jual. User/pembaca disini diperkenankan untuk menjual kembali ke teman - teman , saudara , tetangga , atau siapapun itu yang membutuhkan Semut Jepang ini. Tetapi Semut Jepang ini akan dikirim atas nama Penulis kepada anda atau anda datang kerumah Penulis untuk mengambil stok Semut Jepang ayang akan anda jual.


Keuntungan : Barang lebih murah dan dapat di chek langsung. Bisa mencakup area penjualan lebih luas.
Kerugian : Waktu yang tidak efisien karena harus menemui Penjual.


2. Dropshipper (Penjualan atas nama penjual pihak kedua kepada pihak ketiga yang bertindak sebagai pembeli)


Pada program ini penulis memperkenankan untuk user/ pembaca untuk menjual kembali tentunya dengan harga custom dari anda, terserah anda mau pasang harga berapa karena itu terserah anda tetapi tetap harus lebih mahal dari Penulis untuk meraup keuntungan. Disini berbeda dengan Reseller karena pengiriman semua ditanggung oleh Penulis dan dikirim ke Customer atas nama anda, yang dilakukan oleh anda hanya memasarkan ulang dengan harga anda dan kemudian mengkabari saya untuk pengiriman ke Customer sesuai harga dan ongkir yang ditentukan oleh Penulis.


Keuntungan : Lebih cepat dalam prosesnya dan efisien karena hanya memasarkan ulang saja.
Kerugian : Penjualan hanya dapat dilakukan ke area yang tidak satu tempat dengan Penjual dan tidak dapat dilakukan bila pembeli ingin transaksi melalui COD.

Kembali kepada Prospek Bisnis yang ditawarkan oleh Semut Jepang ini adalah sebagai berikut :

Harga Semut Jepang per ekornya di Penulis bisa di mark up sampai 10.000 tergantung lokasi Penjualan.

Keuntungan bersih yang didapatkan bisa sampai 80 % dari Pemasukan dengan potongan biaya packing , pakan, tempat dan juga perawatan.

Perawatan yang lebih mudah dan dapat disambi dengan melakukan kegiatan lainnya.

Karena produk kesehatan akan banyak dibutuhkan oleh manusia kedepannya.

No comments:

Post a Comment